Rumus Kubus
- Volume : Sisi pertama kali sisi kedua kali sisi ketiga (S pangkat 3)
Rumus Balok
- Volume : Panjang kali lebar kali tinggi (p x l x t)
Rumus Bola
- Volume : phi kali jari-jari kali tinggi pangkat tiga kali 4/3 (4/3 x phi x r x t x t x t)
- Luas : phi kali jari-jari kuadrat kali empat (4 x phi x r x r)
Rumus Limas Segi Empat
- Volume : Panjang kali lebar kali tinggi bagi tiga (p x l x t x 1/3)
- Luas : ((p + l) t) + (p x l)
Rumus Tabung
- Volume : phi kali jari-jari kali jari-jari kali tinggi (phi x r2 x t)
- Luas : (phi x r x 2) x (t x r)
Rumus Kerucut
- Volume : phi kali jari-jari kali jari-jari kali tinggi bagi tiga (phi x r2 x t x 1/3)
- Luas : (phi x r) x (S x r)
- S : Sisi miring kerucut dari alas ke puncak (bukan tinggi)
Rumus Prisma Segitiga Siku-siku
- Volume : alas segitiga kali tinggi segitiga kali tinggi prisma bagi dua
Rumus Kubus
- Volume : Sisi pertama dikali sisi kedua dikali sisi ketiga (S pangkat 3)
Rumus Balok
- Volume : Panjang dikali lebar dikali tinggi (p x l x t)
Rumus Bola
- Volume : phi dikali jari-jari dikali tinggi pangkat tiga kali 4/3 (4/3 x phi x r x t x t x t)
- Luas : phi dikali jari-jari kuadrat dikali empat (4 x phi x r x r)
Rumus Limas Segi Empat
- Volume : Panjang dikali lebar dikali tinggi dibagi tiga (p x l x t x 1/3)
- Luas : ((p + l) t) + (p x l)
Rumus Tabung
- Volume : phi dikali jari-jari dikali jari-jari dikali tinggi (phi x r2 x t)
- Luas : (phi x r x 2) x (t x r)
Rumus Kerucut
- Volume : phi dikali jari-jari dikali jari-jari dikali tinggi dibagi tiga (phi x r2 x t x 1/3)
- Luas : (phi x r) x (S x r)
- S : Sisi miring kerucut dari alas ke puncak (bukan tingi)
Rumus Prisma Segitiga Siku-siku
- Volume : alas segitiga kali tinggi segitiga kali tinggi prisma bagi dua
Rumus Matematika yang lain :
matematika sd bagun ruang rumus, rumus dasar luas limas segi 4
Related posts:
SEKOLAH DASAR NEGERI SINDANGWASA
Jumat, 28 Januari 2011
ukuran panjang, luas dan isi
Berikut ini adalah satuan ukuran dalam matematika secara umum yang dapat dikonversi untuk berbagai keperluan sehari-hari yang disusun berdasarkan urutan dari yang terbesar hingga yang terkecil :
km = Kilo Meter
hm = Hekto Meter
dam = Deka Meter
m = Meter
dm = Desi Meter
cm = Centi Meter
mm = Mili Meter
A. Konversi Satuan Ukuran Panjang
Untuk satuan ukuran panjang konversi dari suatu tingkat menjadi satu tingkat di bawahnya adalah dikalikan dengan 10 sedangkan untuk konversi satu tingkat di atasnya dibagi 10. Contoh :
- 1 km sama dengan 10 hm
- 1 km sama dengan 1.000 m
- 1 km sama dengan 100.000 cm
- 1 km sama dengan 1.000.000 mm
- 1 m sama dengan 0,1 dam
- 1 m sama dengan 0,001 km
- 1 m sama dengan 10 dm
- 1 m sama dengan 1.000 mm
B. Konversi Satuan Ukuran Berat atau Massa
Untuk satuan ukuran berat konversinya mirip dengan ukuran panjang namun satuan meter diganti menjadi gram. Untuk satuan berat tidak memiliki turunan gram persegi maupun gram kubik. Contohnya :
- 1 kg sama dengan 10 hg
- 1 kg sama dengan 1.000 g
- 1 kg sama dengan 100.000 cg
- 1 kg sama dengan 1.000.000 mg
- 1 g sama dengan 0,1 dag
- 1 g sama dengan 0,001 kg
- 1 g sama dengan 10 dg
- 1 g sama dengan 1.000 mg
C. Konversi Satuan Ukuran Luas
Satuan ukuran luas sama dengan ukuran panjang namun untuk mejadi satu tingkat di bawah dikalikan dengan 100. Begitu pula dengan kenaikan satu tingkat di atasnya dibagi dengan angka 100. Satuan ukuran luas tidak lagi meter, akan tetapi meter persegi (m2 = m pangkat 2).
- 1 km2 sama dengan 100 hm2
- 1 km2 sama dengan 1.000.000 m2
- 1 km2 sama dengan 10.000.000.000 cm2
- 1 km2 sama dengan 1.000.000.000.000 mm2
- 1 m2 sama dengan 0,01 dam2
- 1 m2 sama dengan 0,000001 km2
- 1 m2 sama dengan 100 dm2
- 1 m2 sama dengan 1.000.000 mm2
D. Konversi Satuan Ukuran Isi atau Volume
Satuan ukuran luas sama dengan ukuran panjang namun untuk mejadi satu tingkat di bawah dikalikan dengan 1000. Begitu pula dengan kenaikan satu tingkat di atasnya dibagi dengan angka 1000. Satuan ukuran luas tidak lagi meter, akan tetapi meter kubik (m3 = m pangkat 3).
- 1 km3 sama dengan 1.000 hm3
- 1 km3 sama dengan 1.000.000.000 m3
- 1 km3 sama dengan 1.000.000.000.000.000 cm3
- 1 km3 sama dengan 1.000.000.000.000.000.000 mm3
- 1 m3 sama dengan 0,001 dam3
- 1 m3 sama dengan 0,000000001 km3
- 1 m3 sama dengan 1.000 dm3
- 1 m3 sama dengan 1.000.000.000 mm3
Cara Menghitung :
Misalkan kita akan mengkonversi satuan panjang 12 km menjadi ukuran cm. Maka untuk merubah km ke cm turun 5 tingkat atau dikalikan dengan 100.000. Jadi hasilnya adalah 12 km sama dengan 1.200.000 cm. Begitu pula dengan satuan ukuran lainnya. Intinya adalah kita harus melihat tingkatan ukuran serta nilai pengali atau pembaginya yang berubah setiap naik atau turun tingkat/level.
Satuan Ukuran Lain :
A. Satuan Ukuran Panjang
- 1 inch / inchi / inc / inci = sama dengan = 25,4 mm
- 1 feet / ft / kaki = sama dengan = 12 inch = 0,3048 m
- 1 mile / mil = sama dengan = 5.280 feet = 1,6093 m
- 1 mil laut = sama dengan = 6.080 feet = 1,852 km
1 mikron = 0,000001 m
1 elo lama = 0,687 m
1 pal jawa = 1.506,943 m
1 pal sumatera = 1.851,85 m
1 acre = 4.840 yards2
1 cicero = 12 punt
1 cicero = 4,8108 mm
1 hektar = 2,471 acres
1 inchi = 2,45 cm
B. Satuan Ukuran Luas
- 1 hektar / ha / hekto are = sama dengan = 10.000 m2
- 1 are = sama dengan = 1 dm2
- 1 km2 = sama dengan = 100 hektar
C. Satuan Ukuran Volume / Isi
1 liter / litre = 1 dm3 = 0,001 m3
D. Satuan Ukuran Berat / Massa
- 1 kuintal / kwintal = sama dengan = 100 kg
- 1 ton = sama dengan = 1.000 kg
- 1 kg = sama dengan = 10 ons
- 1 kg = sama dengan = 2 pounds
km = Kilo Meter
hm = Hekto Meter
dam = Deka Meter
m = Meter
dm = Desi Meter
cm = Centi Meter
mm = Mili Meter
A. Konversi Satuan Ukuran Panjang
Untuk satuan ukuran panjang konversi dari suatu tingkat menjadi satu tingkat di bawahnya adalah dikalikan dengan 10 sedangkan untuk konversi satu tingkat di atasnya dibagi 10. Contoh :
- 1 km sama dengan 10 hm
- 1 km sama dengan 1.000 m
- 1 km sama dengan 100.000 cm
- 1 km sama dengan 1.000.000 mm
- 1 m sama dengan 0,1 dam
- 1 m sama dengan 0,001 km
- 1 m sama dengan 10 dm
- 1 m sama dengan 1.000 mm
B. Konversi Satuan Ukuran Berat atau Massa
Untuk satuan ukuran berat konversinya mirip dengan ukuran panjang namun satuan meter diganti menjadi gram. Untuk satuan berat tidak memiliki turunan gram persegi maupun gram kubik. Contohnya :
- 1 kg sama dengan 10 hg
- 1 kg sama dengan 1.000 g
- 1 kg sama dengan 100.000 cg
- 1 kg sama dengan 1.000.000 mg
- 1 g sama dengan 0,1 dag
- 1 g sama dengan 0,001 kg
- 1 g sama dengan 10 dg
- 1 g sama dengan 1.000 mg
C. Konversi Satuan Ukuran Luas
Satuan ukuran luas sama dengan ukuran panjang namun untuk mejadi satu tingkat di bawah dikalikan dengan 100. Begitu pula dengan kenaikan satu tingkat di atasnya dibagi dengan angka 100. Satuan ukuran luas tidak lagi meter, akan tetapi meter persegi (m2 = m pangkat 2).
- 1 km2 sama dengan 100 hm2
- 1 km2 sama dengan 1.000.000 m2
- 1 km2 sama dengan 10.000.000.000 cm2
- 1 km2 sama dengan 1.000.000.000.000 mm2
- 1 m2 sama dengan 0,01 dam2
- 1 m2 sama dengan 0,000001 km2
- 1 m2 sama dengan 100 dm2
- 1 m2 sama dengan 1.000.000 mm2
D. Konversi Satuan Ukuran Isi atau Volume
Satuan ukuran luas sama dengan ukuran panjang namun untuk mejadi satu tingkat di bawah dikalikan dengan 1000. Begitu pula dengan kenaikan satu tingkat di atasnya dibagi dengan angka 1000. Satuan ukuran luas tidak lagi meter, akan tetapi meter kubik (m3 = m pangkat 3).
- 1 km3 sama dengan 1.000 hm3
- 1 km3 sama dengan 1.000.000.000 m3
- 1 km3 sama dengan 1.000.000.000.000.000 cm3
- 1 km3 sama dengan 1.000.000.000.000.000.000 mm3
- 1 m3 sama dengan 0,001 dam3
- 1 m3 sama dengan 0,000000001 km3
- 1 m3 sama dengan 1.000 dm3
- 1 m3 sama dengan 1.000.000.000 mm3
Cara Menghitung :
Misalkan kita akan mengkonversi satuan panjang 12 km menjadi ukuran cm. Maka untuk merubah km ke cm turun 5 tingkat atau dikalikan dengan 100.000. Jadi hasilnya adalah 12 km sama dengan 1.200.000 cm. Begitu pula dengan satuan ukuran lainnya. Intinya adalah kita harus melihat tingkatan ukuran serta nilai pengali atau pembaginya yang berubah setiap naik atau turun tingkat/level.
Satuan Ukuran Lain :
A. Satuan Ukuran Panjang
- 1 inch / inchi / inc / inci = sama dengan = 25,4 mm
- 1 feet / ft / kaki = sama dengan = 12 inch = 0,3048 m
- 1 mile / mil = sama dengan = 5.280 feet = 1,6093 m
- 1 mil laut = sama dengan = 6.080 feet = 1,852 km
1 mikron = 0,000001 m
1 elo lama = 0,687 m
1 pal jawa = 1.506,943 m
1 pal sumatera = 1.851,85 m
1 acre = 4.840 yards2
1 cicero = 12 punt
1 cicero = 4,8108 mm
1 hektar = 2,471 acres
1 inchi = 2,45 cm
B. Satuan Ukuran Luas
- 1 hektar / ha / hekto are = sama dengan = 10.000 m2
- 1 are = sama dengan = 1 dm2
- 1 km2 = sama dengan = 100 hektar
C. Satuan Ukuran Volume / Isi
1 liter / litre = 1 dm3 = 0,001 m3
D. Satuan Ukuran Berat / Massa
- 1 kuintal / kwintal = sama dengan = 100 kg
- 1 ton = sama dengan = 1.000 kg
- 1 kg = sama dengan = 10 ons
- 1 kg = sama dengan = 2 pounds
siap jadi anggota lengser..
hai.... sobat namaku Dila, Aku siswa kelas 4 SDN Sindangwasa.. aku merasa senang aku di pilih jadi salah satu anggota lengser menggantikan kelas 6 yang dulu.. deg-degan juga sih.. tapi mmmm... aku percata diri dech..aku yakin aku bisa..
Catur asah Otak
siapa sih yang genal permainan catur ??? smuanya pasti tahu, ternyata teman-teman catur ini bisa meningkatkan daya pikir, daya ingat, dan berpikir secara maksimal.. bisa di coba tuh.. nah HAmdi, dan Rifal hobi sekali bermain catur.. di sekolah kdang sampai 4 kali pertandingan, menurut Hamdi dan Rifal catur benar-benar mengasikan jadi ketagihan loh.. Di SDN Sindangwasa teman-teman ku banyak yang jago maen catur.. bahkan sampai ikut serta permainan catur tingkat sekolah.. tappiii.. walau pun hoby jangan lupa belajar ya...
siapa takut....
namaku... "Bila" aku siswa kelas 4 SDN Sindangwasa... hobiku reading story aku dikenal si jutek di sekolah... hahahaha.. tapi sebenarnya aku baik...lo tmen-tmen.. tutur bila ketika diwawancara. Bila salah satu siswa yang memiliki prestasi yang cukup membanggakan bahkan dia pun salah satu siswa yang masuk rangking 10 besar. ada beberap tips buat teman-teman biar ga malas belajar yaitu :
1. senangi pelajaran
2. luangkan waktu mu setiap hari untuk membaca buku pelajaran
3. kalo di kelas sering-sering bertanya pada guru ketika ad pelajaran yang belum di mengerti
4. jangan lupa sebelum belajar ber'doa ya...
nah itu tips dari aku.. insya Allah teman-teman pintar... deh..
4.
Antara hoby dan belajar mana yang dipilih ?
Dudi, Doni, Meldi dan Ivan, mereka siswa SDN Sindangwasa kelas 6, walau Ujian UASBN tidak lama lagi namun mereka tetap berkiprah di dunia olah raga Volly ball, namun walau pun merela hobby volly ball tapi mereka tidak pernah lupa dengan kewajibannya sebagai siswa Sekolah Dasar yaitu belajar, mereka setiap sore slalu belajar kelompok di rumah salah satu temannya sehingga antara hoby dan kewajibannya selalu terpenuhi dengan baik.... kami siap berkompetisi.... sindangwasa sindangwasa... yealll.. tutur mereka
Keluarga besar kelas 5 SDN Sindangwasa
berkumpul bersama keluarga besar kelas 5 SDN Sindangwasa yang digawangi ariel ketua murid Dkk, kerjasama yang baik dan kreatifitas yang tinggi kelas 5 telah banyak mengukir segudang prestasi di SDN Sindangwas, dari mulai lomba Pidato, lomba dongeng dll, menurut seksi olah raga kelas 5 Bagas menurutnya kelas lima di semester 2 ini sudah mempersiapkan tim untuk bola volly dan futsal untuk bertanding di wilayah kecamatan palasah. anak-anak asuhan Ibu Asimah, S.Pd ini mempunya bakat dan kreatifitas yang tinggi dan mandiri, menurutnya bakat dan kretifitas itu bersumber dari diri siswanya sendiri dan kami hanya memfasilitasi agar mereka dapat menyalurkan bakatnya dengan semaksimal mungkin selain itu dalam belajarnya pun mereka sangat aktif.
Rabu, 26 Januari 2011
NISN terbaru
o. NISN Nama Kelamin Tingkat
1 0012051449 AGUNG GUMELAR Laki-laki 4
2 0006013245 AHMAD SEPTEIAN Laki-laki 4
3 0006013233 AMILANDASARI Perempuan 4
4 0012051433 ANDREANA Laki-laki 4
5 0012051450 ASEP NANANG Laki-laki 4
6 0012051440 AVID DAHLAN Laki-laki 4
7 0006013240 CAHYA INDRA Laki-laki 4
8 0006013238 CITRA KOMALA Perempuan 4
9 0012051454 DEAN SAPALA Laki-laki 4
10 0012051434 DESY YUNIARTHY Perempuan 4
11 0012051451 DILA HERNANDITA Perempuan 4
12 0006013235 DIMAS MARYANTO Laki-laki 4
13 0012051436 DINA SULASTRI Perempuan 4
14 0012051448 DINDA AYU KHOERUNNISSA Perempuan 4
15 0006013246 ELZAN FIRMANHIDAYAT Laki-laki 4
16 0012051435 ENDAH NUR'AENI Perempuan 4
17 0012051447 ETI KASNITI Perempuan 4
18 0006013232 GANDA KHOERUDIN Laki-laki 4
19 0012051445 GIAN PURNAMASARI Perempuan 4
20 0012051439 IBRAHIM Laki-laki 4
21 0012051452 ILHAM RUSTANDI Laki-laki 4
22 0012051444 ITA Laki-laki 4
23 0012051438 LIA APRIANI Perempuan 4
24 0012051453 LUKMAN KUSNANTO Laki-laki 4
25 0006013244 MARA KOMARA MARZUKI Laki-laki 4
26 0006013234 MARYANI KUSWANTINI Perempuan 4
27 0012051442 MAULANA HERMAWAN Laki-laki 4
28 0012051446 MUHAMAD ZIDAN FERMANDA Laki-laki 4
29 0006013247 PIPIT PURNAMASARI Perempuan 4
30 0006013237 PUTRI MEHNAWATI Perempuan 4
31 0006013243 SEPTIAN WIJAYA Laki-laki 4
32 0006013239 SHENO BAYU MURTI Laki-laki 4
33 0012051443 TARITZA NABILA DWILISNA Perempuan 4
34 0006013241 TUTI SRIWAHYUNI Perempuan 4
35 0006013236 Y SURYADI Laki-laki 4
36 9997236551 YEDI SETIADI Laki-laki 4
37 0012051441 YENI SEPTIANI Perempuan 4
38 0006013242 YORRI NANDIKA Laki-laki 4
39 0012051455 YUDA IMANDA Laki-laki 4
40 0012051437 YUDISTIRA EKA SAPUTRA Laki-laki 4
41 9996399829 Angga Laki-laki 5
42 0005156112 Ari Kuswari Laki-laki 5
43 9996399844 Ari Suhari Laki-laki 5
44 9996399825 Bagas Laki-laki 5
45 9996399837 Dede Faisal Laki-laki 5
46 0005156105 Dimas Maryanto S. Laki-laki 5
47 0005156098 Elliyah Sulistiawati Perempuan 5
48 0005156114 Fahmi Fauzi Audry Laki-laki 5
49 0005156107 Fitriyanah Perempuan 5
50 0005156101 Iif Arief Rahman Laki-laki 5
1 0012051449 AGUNG GUMELAR Laki-laki 4
2 0006013245 AHMAD SEPTEIAN Laki-laki 4
3 0006013233 AMILANDASARI Perempuan 4
4 0012051433 ANDREANA Laki-laki 4
5 0012051450 ASEP NANANG Laki-laki 4
6 0012051440 AVID DAHLAN Laki-laki 4
7 0006013240 CAHYA INDRA Laki-laki 4
8 0006013238 CITRA KOMALA Perempuan 4
9 0012051454 DEAN SAPALA Laki-laki 4
10 0012051434 DESY YUNIARTHY Perempuan 4
11 0012051451 DILA HERNANDITA Perempuan 4
12 0006013235 DIMAS MARYANTO Laki-laki 4
13 0012051436 DINA SULASTRI Perempuan 4
14 0012051448 DINDA AYU KHOERUNNISSA Perempuan 4
15 0006013246 ELZAN FIRMANHIDAYAT Laki-laki 4
16 0012051435 ENDAH NUR'AENI Perempuan 4
17 0012051447 ETI KASNITI Perempuan 4
18 0006013232 GANDA KHOERUDIN Laki-laki 4
19 0012051445 GIAN PURNAMASARI Perempuan 4
20 0012051439 IBRAHIM Laki-laki 4
21 0012051452 ILHAM RUSTANDI Laki-laki 4
22 0012051444 ITA Laki-laki 4
23 0012051438 LIA APRIANI Perempuan 4
24 0012051453 LUKMAN KUSNANTO Laki-laki 4
25 0006013244 MARA KOMARA MARZUKI Laki-laki 4
26 0006013234 MARYANI KUSWANTINI Perempuan 4
27 0012051442 MAULANA HERMAWAN Laki-laki 4
28 0012051446 MUHAMAD ZIDAN FERMANDA Laki-laki 4
29 0006013247 PIPIT PURNAMASARI Perempuan 4
30 0006013237 PUTRI MEHNAWATI Perempuan 4
31 0006013243 SEPTIAN WIJAYA Laki-laki 4
32 0006013239 SHENO BAYU MURTI Laki-laki 4
33 0012051443 TARITZA NABILA DWILISNA Perempuan 4
34 0006013241 TUTI SRIWAHYUNI Perempuan 4
35 0006013236 Y SURYADI Laki-laki 4
36 9997236551 YEDI SETIADI Laki-laki 4
37 0012051441 YENI SEPTIANI Perempuan 4
38 0006013242 YORRI NANDIKA Laki-laki 4
39 0012051455 YUDA IMANDA Laki-laki 4
40 0012051437 YUDISTIRA EKA SAPUTRA Laki-laki 4
41 9996399829 Angga Laki-laki 5
42 0005156112 Ari Kuswari Laki-laki 5
43 9996399844 Ari Suhari Laki-laki 5
44 9996399825 Bagas Laki-laki 5
45 9996399837 Dede Faisal Laki-laki 5
46 0005156105 Dimas Maryanto S. Laki-laki 5
47 0005156098 Elliyah Sulistiawati Perempuan 5
48 0005156114 Fahmi Fauzi Audry Laki-laki 5
49 0005156107 Fitriyanah Perempuan 5
50 0005156101 Iif Arief Rahman Laki-laki 5
Selasa, 25 Januari 2011
Soal Latihan kelas 6
Soal latihan IPA kelas 6. kerjakan di buku masing-masing
A. Salin dan lengkapi titik-titik berikut ini dengan benar!
1. Gaya pegas ditimbulkan akibat adanya tarikan dan . . . .
2. Olahraga yang menggunakan gaya pegas contohnya adalah . . . .
3. Makin jauh tarikan busur, anak panah akan terlontar makin . . . .
4. Benda yang menggunakan pegas untuk menimbang disebut . . . .
5. Traktor mainan dapat berjalan jauh karena . . . .
B. Jawab pertanyaan berikut dengan jelas dan singkat!
1. Jelaskan pengertian gaya pegas!
2. Jelaskan hubungan gaya pegas dan gerak pada mainan traktor pegas!
3. Bagaimana cara menggunakan panah agar kena sasaran dengan tepat?
4. Gambarkan mainan jungkat-jungkit. Mengapa anak-anak yang naik
jungkat-jangkit bisa naik turun?
5. Kalau kamu main panahan, apa saja hal-hal yang harus diperhatikan?
A. Salin dan lengkapi titik-titik berikut ini dengan benar!
1. Gaya pegas ditimbulkan akibat adanya tarikan dan . . . .
2. Olahraga yang menggunakan gaya pegas contohnya adalah . . . .
3. Makin jauh tarikan busur, anak panah akan terlontar makin . . . .
4. Benda yang menggunakan pegas untuk menimbang disebut . . . .
5. Traktor mainan dapat berjalan jauh karena . . . .
B. Jawab pertanyaan berikut dengan jelas dan singkat!
1. Jelaskan pengertian gaya pegas!
2. Jelaskan hubungan gaya pegas dan gerak pada mainan traktor pegas!
3. Bagaimana cara menggunakan panah agar kena sasaran dengan tepat?
4. Gambarkan mainan jungkat-jungkit. Mengapa anak-anak yang naik
jungkat-jangkit bisa naik turun?
5. Kalau kamu main panahan, apa saja hal-hal yang harus diperhatikan?
Gaya dan Gerak . Rangkuman IPA Kls 6 SD
HUBUNGAN ANTARA GAYA DAN GERAK
By Harminto
1. Benda yang mengalami perubahan posisi atau kedudukan disebut bergerak.
2. Benda bergerak karena mendapatkan gaya.
3. Tarikan atau dorongan dinamakan gaya.
4. Gaya dapat menyebabkan perubahan bentuk benda,arah gerakan benda dan keadaan
benda (dari diam menjadi bergerak atau sebaliknya)
5. Untuk melakukan suatu gaya diperlukan tenaga.
6. Alat untuk mengukur besarnya gaya dinamakan dynamometer
7. Besarnya gaya dinamakan dalam satuan Newton atau dyne atau KGF (kilogram gaya)
8. Gaya 1 newton adalah gaya yang memberi tambahan kecepatan pada benda yang
bermassa 1 kg untuk bergerak 1m/detik.
9. Macam- macam jenis gaya berdasarkan sumbernya,yaitu:gaya mesin,gaya
otot,gaya gesek,gaya pegas,gaya listrik,gaya magnet,dan gaya gravitasi.
10. Kekuatan otot untuk mendorong dan menarik disebut gaya.
11. Gaya yang ditimbulkan oleh mesin dinamakan gaya mesin.
12. Gaya gesek terjadi bila dua permukaan benda saling bersentuhan.
13. Permukaan yang licin memiliki gaya gesek kecil.
14. Permukaan yang kasar memiliki gaya gesek besar.
15. Untuk mengurangi gaya gesek pada mesin, gear, rantai digunakan minyak pelumas.
16. Gaya magnet hanya dapat menarik benda yang terbuat sati besi atau
baja( benda magnetis / feromagnetik ).
17. Gaya magnet yang senama akan saling tolak- menolak,dan gaya magnet yang
tidak senama akan tarik-menarik. Kutub magnet dipengaruhi oleh kutub bumi
( utara & selatan ).
18. Gaya pegas dihasilkan oleh benda yang bersifat elastis.contoh karet , panah,
dan per.
19. Penggaris plastik dapat menghasilkan gaya listrik bila digosokkan pada rambut
kering atau sebatang kaca digosokkan pada kain sutera.
20. Gaya tarik bumi disebut juga gaya gravitasi bumi.
21. Gaya gravitasi mengakibatkan benda jatuh ke tanah (bumi).
22. Terjun payung mengalami gaya gravitasi dan perlahan-lahan turun menuju
permukaan bumi.
23. Gaya sentuh adalah gaya yang harus menyentuh benda yang dikenai gaya.
24. Gaya tak sentuh adalah gaya yang tidak harus menyentuh benda yang dikenai benda.
25. Gaya setimbang adalah gaya yang besarnya sama dan arahnya berlawanan.
26. Gaya yang tak setimbang adalah gaya yang besarnya tidak sama dan menuju
ke arah tertentu.
27. Titik acuan adalah titik yang dianggap sebagai perbandingan perubahan
posisi sebuah benda.
28. Contoh gaya sentuh adalah gaya otot,gaya pegas,gaya dorong, gaya tarik.
29. Contoh gaya tak sentuh adalah gaya gravitasi,gaya magnet, dan gaya listrik.
30. Gaya setimbang menyebabkan benda tidak bergerak.
31. Gaya tak setimbang menyebabkan benda bergerak ke satu arah.
32. Alat –alat yang menggunakan gaya pegas: ketapel,per motor/mobil,mainan,jam,panah,
papan loncat indah.
33. Alat-alat yang menggunakan gaya magnet: speaker,pintu kulkas,tutup tempat pensil,
dinamo,generator,hiasan pintu kulkas,kereta magnet (kereta supercepat
di Jepang), kompas.
34. Alat atau benda menggunakan prinsip kerja gaya gesek misalnya:biola,rebab,ban,
rem pada sepada/motor/mobil.
35. Kelapa jatuh ke tanah karena adanya gaya gravitasi bumi.Semakin dekat dengan
bumi maka gaya gravitasinya semakin besar,semakin menjauh dari bumi maka gaya
gravitasinya semakin kecil.
36. Perbandingan gaya gravitasi bumi dengan bulan adalah 6:1 misalnya: Jasmine berat
badannya 54 kg,maka di bulan berat badannya 9 kg.
37. Contoh gaya tekan :senapan angin(dipompa),pompa sepeda
38. Jungkat jungkit akan setimbang jika jarak beban dari titik setimbang sama.
39. Jika jarak beban dari titik setimbang tidak sama,maka dapat dibuat setimbang
dengan menambah berat beban pada beban yang berjarak lebih pendek.
40. Kencangnya karet pada traktor pegas akan mempercepat gerak traktor.
41. Jika karet kendur maka gerak traktor akan lambat
43. Jika tarikan karet pada ketapel kencang maka batu kerikil akan terlontar jauh
44. Batu yang beratnya lebih kecil akan terlontar lebih jauh dari pada batu
yang beratnya lebih besar.
45. Untuk jalan pelan pada tanjakan pada motor gunakan gigi kecil
(1 atau 2),sedangkan untuk jalan datar dan melaju cepat gunakan gigi/gear
besar(3, 4 atau 5).
By Harminto
1. Benda yang mengalami perubahan posisi atau kedudukan disebut bergerak.
2. Benda bergerak karena mendapatkan gaya.
3. Tarikan atau dorongan dinamakan gaya.
4. Gaya dapat menyebabkan perubahan bentuk benda,arah gerakan benda dan keadaan
benda (dari diam menjadi bergerak atau sebaliknya)
5. Untuk melakukan suatu gaya diperlukan tenaga.
6. Alat untuk mengukur besarnya gaya dinamakan dynamometer
7. Besarnya gaya dinamakan dalam satuan Newton atau dyne atau KGF (kilogram gaya)
8. Gaya 1 newton adalah gaya yang memberi tambahan kecepatan pada benda yang
bermassa 1 kg untuk bergerak 1m/detik.
9. Macam- macam jenis gaya berdasarkan sumbernya,yaitu:gaya mesin,gaya
otot,gaya gesek,gaya pegas,gaya listrik,gaya magnet,dan gaya gravitasi.
10. Kekuatan otot untuk mendorong dan menarik disebut gaya.
11. Gaya yang ditimbulkan oleh mesin dinamakan gaya mesin.
12. Gaya gesek terjadi bila dua permukaan benda saling bersentuhan.
13. Permukaan yang licin memiliki gaya gesek kecil.
14. Permukaan yang kasar memiliki gaya gesek besar.
15. Untuk mengurangi gaya gesek pada mesin, gear, rantai digunakan minyak pelumas.
16. Gaya magnet hanya dapat menarik benda yang terbuat sati besi atau
baja( benda magnetis / feromagnetik ).
17. Gaya magnet yang senama akan saling tolak- menolak,dan gaya magnet yang
tidak senama akan tarik-menarik. Kutub magnet dipengaruhi oleh kutub bumi
( utara & selatan ).
18. Gaya pegas dihasilkan oleh benda yang bersifat elastis.contoh karet , panah,
dan per.
19. Penggaris plastik dapat menghasilkan gaya listrik bila digosokkan pada rambut
kering atau sebatang kaca digosokkan pada kain sutera.
20. Gaya tarik bumi disebut juga gaya gravitasi bumi.
21. Gaya gravitasi mengakibatkan benda jatuh ke tanah (bumi).
22. Terjun payung mengalami gaya gravitasi dan perlahan-lahan turun menuju
permukaan bumi.
23. Gaya sentuh adalah gaya yang harus menyentuh benda yang dikenai gaya.
24. Gaya tak sentuh adalah gaya yang tidak harus menyentuh benda yang dikenai benda.
25. Gaya setimbang adalah gaya yang besarnya sama dan arahnya berlawanan.
26. Gaya yang tak setimbang adalah gaya yang besarnya tidak sama dan menuju
ke arah tertentu.
27. Titik acuan adalah titik yang dianggap sebagai perbandingan perubahan
posisi sebuah benda.
28. Contoh gaya sentuh adalah gaya otot,gaya pegas,gaya dorong, gaya tarik.
29. Contoh gaya tak sentuh adalah gaya gravitasi,gaya magnet, dan gaya listrik.
30. Gaya setimbang menyebabkan benda tidak bergerak.
31. Gaya tak setimbang menyebabkan benda bergerak ke satu arah.
32. Alat –alat yang menggunakan gaya pegas: ketapel,per motor/mobil,mainan,jam,panah,
papan loncat indah.
33. Alat-alat yang menggunakan gaya magnet: speaker,pintu kulkas,tutup tempat pensil,
dinamo,generator,hiasan pintu kulkas,kereta magnet (kereta supercepat
di Jepang), kompas.
34. Alat atau benda menggunakan prinsip kerja gaya gesek misalnya:biola,rebab,ban,
rem pada sepada/motor/mobil.
35. Kelapa jatuh ke tanah karena adanya gaya gravitasi bumi.Semakin dekat dengan
bumi maka gaya gravitasinya semakin besar,semakin menjauh dari bumi maka gaya
gravitasinya semakin kecil.
36. Perbandingan gaya gravitasi bumi dengan bulan adalah 6:1 misalnya: Jasmine berat
badannya 54 kg,maka di bulan berat badannya 9 kg.
37. Contoh gaya tekan :senapan angin(dipompa),pompa sepeda
38. Jungkat jungkit akan setimbang jika jarak beban dari titik setimbang sama.
39. Jika jarak beban dari titik setimbang tidak sama,maka dapat dibuat setimbang
dengan menambah berat beban pada beban yang berjarak lebih pendek.
40. Kencangnya karet pada traktor pegas akan mempercepat gerak traktor.
41. Jika karet kendur maka gerak traktor akan lambat
43. Jika tarikan karet pada ketapel kencang maka batu kerikil akan terlontar jauh
44. Batu yang beratnya lebih kecil akan terlontar lebih jauh dari pada batu
yang beratnya lebih besar.
45. Untuk jalan pelan pada tanjakan pada motor gunakan gigi kecil
(1 atau 2),sedangkan untuk jalan datar dan melaju cepat gunakan gigi/gear
besar(3, 4 atau 5).
Soal Latihan kelas 4
SOAL Latihan,
Mata Pelajaran/Materi : IPA / GAYA
Kelas / Semester : IV / II
Hari / Tanggal :
I.Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Tarikan atau dorongan disebut juga dengan ....
2. Jika kaleng dipukul dengan palu,maka kaleng akan mengalami perubahan ….
3. Jika kita mendorong sebuah meja,maka meja akan ….
4. Besi yang dipanaskan,kemudian di pukul maka akan menjadi pipih.Hal ini membuktikan bahwa gaya
dapat ….
5. Gaya yang digunakan saat melempar bola kasti adalah ….
6. Gaya yang bekerja pada buah kelapa yang jatuh dari pohonnya adalah ….
7. Gaya yang bekerja pada magnet disebut ….
8. Gaya yang diberikan tangan pada plastisin adalah ….
9. Alur-alur permukaan ban berguna untuk ….
10. Di musim kemarau,pohon jati menggugurkan daunnya dan jatuh ke tanah adalah akibat dari pengaruh
gaya ….
11. Gaya dapat mengubah arah benda,contohnya adalah ….
12. Para pemain ski salju dapat meluncur karena adanya gaya ….
13. Untuk melakukan gaya diperlukan ….
14. Bola yang menggelinding dapat berbalik arah saat ditahan dengan kaki.Hal ini menunjukkan bahwa gaya
….
15. Kegiatan mendorong mobil yang mogok artinya memberikan gaya pada mobil berupa .…
16. Benda yang diam akan tetap diam jika tidak …. Gaya.
17. Gaya menyebabkan benda diam menjadi ….
18. Berat benda yang ada di dalam air akan terasa lebih ….
19. Gaya gravitasi bumi menyebabkan benda yang dilempar ke atas akan ….
20. Gaya yang bekerja pada dua benda yang bersentuhan yaitu ….
21. Gaya apung dipengaruhi oleh …. Benda.
22. Gaya yang terjadi karena aliran muatan listrik disebut ….
23. Gaya gesek menyebabkan gerakan benda akan …
24. Tertariknya paku ketika di dekatkan dengan magnet di pengaruhi oleh gaya …
25. Gaya tarik menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta disebut
…
II. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
26. Sebutkan 3 kegiatan yang menggunakan gaya berupa tarikan !
27. Sebutkan 3 kegiatan yang menggunakan gaya berupa dorongan !
28. Jelaskan pengaruh gaya terhadap benda !
29. Bagaimana berat benda jika berada di dalam air ? jelaskan !
30. Mengapa bola yang diam tidak dapat menggelinding sendiri ? Jelaskan !
Bagi siswa siswi kelas 4 SDN Sindangwasa silahkan untuk mengisi soal diatas dengan benar!
Mata Pelajaran/Materi : IPA / GAYA
Kelas / Semester : IV / II
Hari / Tanggal :
I.Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Tarikan atau dorongan disebut juga dengan ....
2. Jika kaleng dipukul dengan palu,maka kaleng akan mengalami perubahan ….
3. Jika kita mendorong sebuah meja,maka meja akan ….
4. Besi yang dipanaskan,kemudian di pukul maka akan menjadi pipih.Hal ini membuktikan bahwa gaya
dapat ….
5. Gaya yang digunakan saat melempar bola kasti adalah ….
6. Gaya yang bekerja pada buah kelapa yang jatuh dari pohonnya adalah ….
7. Gaya yang bekerja pada magnet disebut ….
8. Gaya yang diberikan tangan pada plastisin adalah ….
9. Alur-alur permukaan ban berguna untuk ….
10. Di musim kemarau,pohon jati menggugurkan daunnya dan jatuh ke tanah adalah akibat dari pengaruh
gaya ….
11. Gaya dapat mengubah arah benda,contohnya adalah ….
12. Para pemain ski salju dapat meluncur karena adanya gaya ….
13. Untuk melakukan gaya diperlukan ….
14. Bola yang menggelinding dapat berbalik arah saat ditahan dengan kaki.Hal ini menunjukkan bahwa gaya
….
15. Kegiatan mendorong mobil yang mogok artinya memberikan gaya pada mobil berupa .…
16. Benda yang diam akan tetap diam jika tidak …. Gaya.
17. Gaya menyebabkan benda diam menjadi ….
18. Berat benda yang ada di dalam air akan terasa lebih ….
19. Gaya gravitasi bumi menyebabkan benda yang dilempar ke atas akan ….
20. Gaya yang bekerja pada dua benda yang bersentuhan yaitu ….
21. Gaya apung dipengaruhi oleh …. Benda.
22. Gaya yang terjadi karena aliran muatan listrik disebut ….
23. Gaya gesek menyebabkan gerakan benda akan …
24. Tertariknya paku ketika di dekatkan dengan magnet di pengaruhi oleh gaya …
25. Gaya tarik menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta disebut
…
II. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
26. Sebutkan 3 kegiatan yang menggunakan gaya berupa tarikan !
27. Sebutkan 3 kegiatan yang menggunakan gaya berupa dorongan !
28. Jelaskan pengaruh gaya terhadap benda !
29. Bagaimana berat benda jika berada di dalam air ? jelaskan !
30. Mengapa bola yang diam tidak dapat menggelinding sendiri ? Jelaskan !
Bagi siswa siswi kelas 4 SDN Sindangwasa silahkan untuk mengisi soal diatas dengan benar!
Senin, 24 Januari 2011
Peragaan Busana Manca Negara
Semua orang pasti tau pakain adat.. namun dalam kontes ini pakai yang dipakai untuk di tapilkan sangat fantastis dengan regam jenis pakaian anak SDN Sindangwsa bercreativitas melalui pragaan busana super model yang di olah menjadi sebuah parodi yang sangat menggemaskan...
seni Lengser ala SDN Sindangwasa
Tim lengser asuhan Bpk Iding Sahidin, S.PdI dan Bpk. Iman Wahyudi, A.Ma. semakin kompak berkat binaan yang matang menghasilkan yang memuaskan, Tim lengser ini siap untuk di pertunjukan kembali pada saat kenaikan kelas 2011 nanti, dengan menjunjung nilai-nilai budaya nasional SDN Sindangwasa mencoba memfasilitasi bakat peserta didiknya, Tim lengser ini beranggotakan Megi (lengser), Dini MJDP, Nisa, Else, Fany, Dini, Iko, Yudi, Robby, Nandika, wawan dan ena, siap mebuat gebrakan baru di SDN SInDANGWASA.
Si kecil Multitalenta
nama ku Tania dan Doni, aku sejak kecil suka sekali membaca dongeng dan pada akhirnya aku slalu mengikuti perlombaan dongeng antar sekolah di Kecamatan Palasah.
aku mau bagi-bagi tips buat teman-temanku yang hobi membaca dongeng agar bisa seperti aku.. langsung aj yach...
1. kamu harus rajin-rajin membaca banyak dongeng biar pengetahuan kamu semakin banyak
2. kamu harus berani tampil didepan umum (orang-orang banyak) jangan malu-malu ya...
3. biasakan aktif di kelas misalnya bertanya pada saat belajar di kelas
4. agar tidak kaku kamu bsa berlatih di depan kaca..
5. semakin kamu percaya diri semakin kamu mendekati jadi juara..
nah...itu sedikit Tips andalan dari aku... kalo mau lebih lengkap mengenai aku dan doni datang aj kesekolahan aku di SDN SINDANGWASA
aku mau bagi-bagi tips buat teman-temanku yang hobi membaca dongeng agar bisa seperti aku.. langsung aj yach...
1. kamu harus rajin-rajin membaca banyak dongeng biar pengetahuan kamu semakin banyak
2. kamu harus berani tampil didepan umum (orang-orang banyak) jangan malu-malu ya...
3. biasakan aktif di kelas misalnya bertanya pada saat belajar di kelas
4. agar tidak kaku kamu bsa berlatih di depan kaca..
5. semakin kamu percaya diri semakin kamu mendekati jadi juara..
nah...itu sedikit Tips andalan dari aku... kalo mau lebih lengkap mengenai aku dan doni datang aj kesekolahan aku di SDN SINDANGWASA
Sabtu, 22 Januari 2011
flying fox bikin jantung copot
hai.. teman-teman nama ku chandra aku siswa sdn sindangwasa kelas 6, waktu itu Sekolah mengadakan study tour ke daerah kuningan dan akupun ikut.. aku dan teman-teman mencoba permainan flyfox.. wah ternyata enjoy juga...bro, awalnya sih deg-degan aku takut jatuh aku juga takut ketinggian.. namun teman-temanku galun, ivan, irna, cindy, desi, dan roby.. memaksaku untuk mencoba permainan flying fox.. wah..pokonya berkesan banget.. i love sdn sindangwasa... . by. Candra
Jumat, 21 Januari 2011
Bagaimana cara meningkatkan keinginan balajar anak ?
Tien Srihartini, A.Md.
Tips : Mendengar kata dunia belajar anak menjadi enggan untuk melakukannya, oleh karena itu diperlukan suatu cara agar anak mau mempelajari hal-hal yang baru. Berikut ini merupakan beberapa cara dalam membuat proses belajar menjadi menyenangkan bagi anak.
1. Untuk anak yang berusia pra sekolah, ajarkan kepada mereka sesuatu yang baru seperti mengenali nama-nama benda yang ada di sekitarnya.
2. Untuk merangsang daya pikir serta kreativitas mereka, siapkan alat-alat tulis seperti buku menggambar, pensil warna, crayon dan lain-lainnya.
3. Berikan kesempatan kepada anak untuk melakukan kegiatan bebas yang bermanfaat bagi perkembangannya.
4. Bantu anak dalam mengerjakan sesuatu kegiatan pertama kalinya, kemudian berikan kesempatan untuk melakukannya tanpa bantuan.
5. Kenalkan anak pada jadwal, sehingga pada saat mereka melakukan suatu kegiatan dapat diselesaikan dalam jangka waktu tertentu
6. Biasakan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan anak, pada saat-saat tertentu secara terus menerus.
7. Bagi anak yang duduk di sekolah dasar, selalu tanyakan dan temani mereka dalam mengerjakan pekerjaan rumahnya.
8. Tuntun anak apabila kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolahnya.
9. Ciptakan suasana nyaman di sekitar rumah, agar anak dapat berkonsentrasi dalam belajar
sekilas sejarah Pramuka
Iding Sahidin, S.PdI.
Oleh pemimpin-pemimpin gerakan nasional dibentuk organisasi kepanduan yang bertujuan membentuk manusia Indonesia yang baik dan menjadi kader pergerakan nasional. Sehingga muncul bermacam-macam organisasi kepanduan antara lain JPO (Javaanse Padvinders Organizatie) JJP (Jong Java Padvindery), NATIPIJ (Nationale Islamitsche Padvindery), SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvindery), HW (Hisbul Wathon).
Dengan adanya larangan pemerintah Hindia Belanda menggunakan istilah Padvindery maka K.H. Agus Salim menggunakan nama Pandu atau Kepanduan.
Dengan meningkatnya kesadaran nasional setelah Sumpah Pemuda, maka pada tahun 1930 organisasi kepanduan seperti IPO, PK (Pandu Kesultanan), PPS (Pandu Pemuda Sumatra) bergabung menjadi KBI (Kepanduan Bangsa Indonesia). Kemudian tahun 1931 terbentuklah PAPI (Persatuan Antar Pandu Indonesia) yang berubah menjadi BPPKI (Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia) pada tahun 1938.
Pada waktu pendudukan Jepang Kepanduan di Indonesia dilarang sehingga tokoh Pandu banyak yang masuk Keibondan, Seinendan dan PETA.
Setelah tokoh proklamasi kemerdekaan dibentuklah Pandu Rakyat Indonesia pada tanggal 28 Desember 1945 di Sala sebagai satu-satunya organisasi kepanduan.
Sekitar tahun 1961 kepanduan Indonesia terpecah menjadi 100 organisasi kepanduan yang terhimpun dalam 3 federasi organisasi yaitu IPINDO (Ikatan Pandu Indonesia) berdiri 13 September 1951, POPPINDO (Persatuan Pandu Puteri Indonesia) tahun 1954 dan PKPI (Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia)
Menyadari kelemahan yang ada maka ketiga federasi melebur menjadi satu dengan nama PERKINDO (Persatuan Kepanduan Indonesia).
Karena masih adanya rasa golongan yang tinggi membuat Perkindo masih lemah. Kelemahan gerakan kepanduan Indonesia akan dipergunakan oleh pihak komunis agar menjadi gerakan Pioner Muda seperti yang terdapat di negara komunis. Akan tetapi kekuatan Pancasila dalam Perkindo menentangnya dan dengan bantuan perdana Menteri Ir. Juanda maka perjuangan menghasilkan Keppres No. 238 tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka yang pada tanggal 20 Mei 1961 ditandatangani oleh Pjs Presiden RI Ir Juanda karena Presiden Soekarno sedang berkunjung ke Jepang.
Di dalam Keppres ini gerakan pramuka oleh pemerintah ditetapkan sebagai satu-satunya badan di wilayah Indonesia yang diperkenankan menyelenggarakan pendidikan kepramukaan, sehingga organisasi lain yang menyerupai dan sama sifatnya dengan gerakan pramuka dilarang keberadaannya.
Kamis, 20 Januari 2011
bagaimana tantangan mengajar di Sekolah Dasar ?
Mengajar anak SD ternyata nggak gampang. Kata orang, mengajar anak SD itu merupakan hal yang paling mudah. Tapi ternyata itulah hal tersulit apalagi mengajar anak SD kelas 1,2, dan 3. Pada usia-usia yang seperti itu, mereka sedang berada pada fase peralihan dari fase bermain ke fase belajar. Begitupun dengan keadaan psikologis mereka. Pikiran mereka masih ingin main, main, dan main. Nah disinilah dituntut peran guru yang memang benar-benar mampu mengimbangi keadaan psikologis anak dengan kewajiban si anak untuk belajar. Sang guru dituntut untuk mampu menarik perhatian si anak sehingga si anak tertarik dengan pelajaran yang sedang diajarkan. Anak didik akan menyukai dan senang denga satu mata pelajaran diawali dengan menyukai sang guru terlebih dahulu. Guru harus memiliki sifat flexible dan kreatif serta menghindari sifat monoton supaya anak murid tidak merasa bosan. Jika kondisi tersebut terjadi, maka guru bisa mengkombinasikan pelajaran dengan permainan. Buatlah pelajaran menjadi semenarik mungkin dengan menggunakan metode-metode yang disukai oleh anak didik. Sebagai contoh, dalam mengajarkan alphabet ataupun angka, guru bisa mengajarkannya sambil bernyanyi. Biasanya anak-anak akan tertarik dan ikut bernyanyi. Selain itu, dalam mengajarkan membaca, guru bisa mengajarkannya dengan menggunakan metode mendongeng.
Selain itu, jika mood mereka sedang jelek, sang guru deh yang harus mengalah dan kemudian menuruti mood si anak atau istilah pendidikannya memasuki dunia anak yang kemudian jika anak sudah bisa berbaur dengan guru maka guru harus mampu membawa mereka kembali ke dunia semula alias belajar – mengajar. Menjadi guru SD harus extra sabar. Disinilah kesabaran diuji. Jangan mudah marah dan jangan pantang menyerah dalam mengajar mereka. Guru terutama guru SD harus menghindari atau kalau bisa membuang jauh-jauh sifat pemarah dalam mengajar.
Saya juga mengajar anak SD. Saya telah mengajar sejak dua tahun yang lalu. Murid saya namanya Balqis (nama samaran). Dia duduk di bangku kelas 2 SD. Anaknya pintar, cerdas, cantik, suka cerita. Kalau sedang belajar, dia suka bercerita tentang teman-teman kelasnya, main tebak-tebakkan, dan. Tidak masalah bagi saya selama dia menangkap apa yang sedang saya ajarkan dan dia mengerti. Selain itu, saya sering memberi selingan dengan belajar buku cerita untuk melatih dia membaca .
Dalam mengajar anak SD yang sedang berada di dalam fase peralihan dari bermain ke fase belajar, guru jangan memaksa anak untuk terus belajar secara monoton. Mereka akan merasa jenuh dan bosan yang akan menjadi titik awal dari ketidaksukaan mereka terhadap pelajaran tersebut. Sesekali masuklah ke dalam dunia mereka dan bawa mereka kembali ke dunia kita untuk menarik perhatian mereka. Bersabar dalam menghadapi mereka adalah kunci utama untuk berhasil mendidik mereka menjadi anak yang pintar. Dan tetap semangat.!!!!
solusi anak SD yang kurang maksimal daya pikinya
nak yang mengalami kesulitan belajar adalah anak yang memiliki ganguan satu atau lebih dari proses dasar yang mencakup pemahaman penggunaan bahasa lisan atau tulisan, gangguan tersebut mungkin menampakkan diri dalam bentuk kemampuan yang tidak sempurna dalam mendengarkan, berpikir, berbicara, membaca, menulis, mengeja atau menghitung.
Batasan tersebut meliputi kondisi-kondisi seperti gangguan perceptual, luka pada otak, diseleksia dan afasia perkembangan. Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, kita dihadapkan dengan sejumlah karakterisktik siswa yang beraneka ragam. Ada siswa yang dapat menempuh kegiatan belajarnya dengan lancar dan berhasil tanpa mengalami kesulitan, namun di sisi lain tidak sedikit pula siswa yang justru dalam belajarnya mengalami berbagai kesulitan.
Kesulitan belajar siswa ditunjukkan oleh hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar, dan dapat bersifat psikologis, sosiologis, maupun fisiologis, sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan prestasi belajar yang dicapainya berada di bawah semestinya.
Kesulitan belajar siswa mencakup pengertian yang luas, diantaranya : (a) learning disorder; (b) learning disfunction; (c) underachiever; (d) slow learner, dan (e) learning diasbilities. Di bawah ini akan dijelaskan dari masing-masing pengertian tersebut.
1. Learning Disorder atau kekacauan belajar adalah keadaan dimana proses belajar seseorang terganggu karena timbulnya respons yang bertentangan. Pada dasarnya, yang mengalami kekacauan belajar, potensi dasarnya tidak dirugikan, akan tetapi belajarnya terganggu atau terhambat oleh adanya respons-respons yang bertentangan, sehingga hasil belajar yang dicapainya lebih rendah dari potensi yang dimilikinya. Contoh : siswa yang sudah terbiasa dengan olah raga keras seperti karate, tinju dan sejenisnya, mungkin akan mengalami kesulitan dalam belajar menari yang menuntut gerakan lemah-gemulai.
2. Learning Disfunction merupakan gejala dimana proses belajar yang dilakukan siswa tidak berfungsi dengan baik, meskipun sebenarnya siswa tersebut tidak menunjukkan adanya subnormalitas mental, gangguan alat dria, atau gangguan psikologis lainnya. Contoh : siswa yang memiliki postur tubuh yang tinggi atletis dan sangat cocok menjadi atlet bola volley, namun karena tidak pernah dilatih bermain bola volley, maka dia tidak dapat menguasai permainan volley dengan baik.
3. Under Achiever mengacu kepada siswa yang sesungguhnya memiliki tingkat potensi intelektual yang tergolong di atas normal, tetapi prestasi belajarnya tergolong rendah. Contoh : siswa yang telah dites kecerdasannya dan menunjukkan tingkat kecerdasan tergolong sangat unggul (IQ = 130 – 140), namun prestasi belajarnya biasa-biasa saja atau malah sangat rendah.
4. Slow Learner atau lambat belajar adalah siswa yang lambat dalam proses belajar, sehingga ia membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan sekelompok siswa lain yang memiliki taraf potensi intelektual yang sama.
5. Learning Disabilities atau ketidakmampuan belajar mengacu pada gejala dimana siswa tidak mampu belajar atau menghindari belajar, sehingga hasil belajar di bawah potensi intelektualnya.
Dari sedikit penjelasan diatas, dirasakan bahwa orangtua perlu mengetahui bentuk kesulitan belajar yang dialami oleh putra/puteri mereka agar lebih mengerti bentuk kesulitan yang putera/puteri mereka hadapi. Banyak orangtua yang juga bertanya dan bingung tentang pendidikan dan prestasi belajar anak, baik di sekolah maupun dirumah.
Bahkan belajar menjadi 4 golongan masalah yang biasanya terjadi pada anak kita. Pada dasarnya seorang anak memiliki 4 masalah besar yang tampak jelas di mata orang tuanya dalam kehidupannya yaitu:
1. Out of Law / Tidak taat aturan (seperti misalnya, susah belajar, susah menjalankan perintah, dsb)
2. Bad Habit / Kebiasaan jelek (misalnya, suka jajan, suka merengek, suka ngambek, dsb.)
3. Maladjustment / Penyimpangan perilaku
4. Pause Playing Delay / Masa bermain yang tertunda
Perlu diketahui juga, awalnya banyak pendapat yang menyatakan keberhasilan anak dan pendidikan anak sangat tergantung pada IQ (intelligence quotient). Namun memasuki dekade 90-an pendapat itu mulai berubah. Daniel Goleman mengungkapkan bahwa keberhasilan anak sangat tergantung pada kecerdasan emosional (emotional intelligence) yang dimiliki. Jadi IQ bukanlah satu satunya yang mempengaruhi keberhasilan anak, masih ada emotional intelligence yang juga perlu diperhatikan.
Ini adalah kemampuan lebih yang dimiliki seseorang dalam memotivasi, ketahanan dalam menghadapi kegagalan, mengendalikan emosi dan menunda kepuasaan serta mengatur keadaan jiwa. Dengan kecerdasan emosional tersebut seseorang dapat menempatkan emosinya pada porsi yang tepat, memilah kepuasaan, dan mengatur suasana hati.
Dari berbagai penjelasan diatas, tentu banyak sekali tugas kita sebagai orangtua dalam mendidik anak kita baik mulai dari masa kecil mereka maupun hingga besar nantinya. Semua adalah tanggung jawab yang mulia, sebagaimana anak adalah karunia dan titipan tuhan kepada kita. Maka dari itu kita lah yang harus merawat dan memperhatikan perkembangan mereka, dan akhirnya kita pula yang akan tersenyum bahagia melihat perkembangan mereka. Marilah kita memulai belajar mengenali dan mendidik anak mulai dari sekarang.
Batasan tersebut meliputi kondisi-kondisi seperti gangguan perceptual, luka pada otak, diseleksia dan afasia perkembangan. Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, kita dihadapkan dengan sejumlah karakterisktik siswa yang beraneka ragam. Ada siswa yang dapat menempuh kegiatan belajarnya dengan lancar dan berhasil tanpa mengalami kesulitan, namun di sisi lain tidak sedikit pula siswa yang justru dalam belajarnya mengalami berbagai kesulitan.
Kesulitan belajar siswa ditunjukkan oleh hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar, dan dapat bersifat psikologis, sosiologis, maupun fisiologis, sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan prestasi belajar yang dicapainya berada di bawah semestinya.
Kesulitan belajar siswa mencakup pengertian yang luas, diantaranya : (a) learning disorder; (b) learning disfunction; (c) underachiever; (d) slow learner, dan (e) learning diasbilities. Di bawah ini akan dijelaskan dari masing-masing pengertian tersebut.
1. Learning Disorder atau kekacauan belajar adalah keadaan dimana proses belajar seseorang terganggu karena timbulnya respons yang bertentangan. Pada dasarnya, yang mengalami kekacauan belajar, potensi dasarnya tidak dirugikan, akan tetapi belajarnya terganggu atau terhambat oleh adanya respons-respons yang bertentangan, sehingga hasil belajar yang dicapainya lebih rendah dari potensi yang dimilikinya. Contoh : siswa yang sudah terbiasa dengan olah raga keras seperti karate, tinju dan sejenisnya, mungkin akan mengalami kesulitan dalam belajar menari yang menuntut gerakan lemah-gemulai.
2. Learning Disfunction merupakan gejala dimana proses belajar yang dilakukan siswa tidak berfungsi dengan baik, meskipun sebenarnya siswa tersebut tidak menunjukkan adanya subnormalitas mental, gangguan alat dria, atau gangguan psikologis lainnya. Contoh : siswa yang memiliki postur tubuh yang tinggi atletis dan sangat cocok menjadi atlet bola volley, namun karena tidak pernah dilatih bermain bola volley, maka dia tidak dapat menguasai permainan volley dengan baik.
3. Under Achiever mengacu kepada siswa yang sesungguhnya memiliki tingkat potensi intelektual yang tergolong di atas normal, tetapi prestasi belajarnya tergolong rendah. Contoh : siswa yang telah dites kecerdasannya dan menunjukkan tingkat kecerdasan tergolong sangat unggul (IQ = 130 – 140), namun prestasi belajarnya biasa-biasa saja atau malah sangat rendah.
4. Slow Learner atau lambat belajar adalah siswa yang lambat dalam proses belajar, sehingga ia membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan sekelompok siswa lain yang memiliki taraf potensi intelektual yang sama.
5. Learning Disabilities atau ketidakmampuan belajar mengacu pada gejala dimana siswa tidak mampu belajar atau menghindari belajar, sehingga hasil belajar di bawah potensi intelektualnya.
Dari sedikit penjelasan diatas, dirasakan bahwa orangtua perlu mengetahui bentuk kesulitan belajar yang dialami oleh putra/puteri mereka agar lebih mengerti bentuk kesulitan yang putera/puteri mereka hadapi. Banyak orangtua yang juga bertanya dan bingung tentang pendidikan dan prestasi belajar anak, baik di sekolah maupun dirumah.
Bahkan belajar menjadi 4 golongan masalah yang biasanya terjadi pada anak kita. Pada dasarnya seorang anak memiliki 4 masalah besar yang tampak jelas di mata orang tuanya dalam kehidupannya yaitu:
1. Out of Law / Tidak taat aturan (seperti misalnya, susah belajar, susah menjalankan perintah, dsb)
2. Bad Habit / Kebiasaan jelek (misalnya, suka jajan, suka merengek, suka ngambek, dsb.)
3. Maladjustment / Penyimpangan perilaku
4. Pause Playing Delay / Masa bermain yang tertunda
Perlu diketahui juga, awalnya banyak pendapat yang menyatakan keberhasilan anak dan pendidikan anak sangat tergantung pada IQ (intelligence quotient). Namun memasuki dekade 90-an pendapat itu mulai berubah. Daniel Goleman mengungkapkan bahwa keberhasilan anak sangat tergantung pada kecerdasan emosional (emotional intelligence) yang dimiliki. Jadi IQ bukanlah satu satunya yang mempengaruhi keberhasilan anak, masih ada emotional intelligence yang juga perlu diperhatikan.
Ini adalah kemampuan lebih yang dimiliki seseorang dalam memotivasi, ketahanan dalam menghadapi kegagalan, mengendalikan emosi dan menunda kepuasaan serta mengatur keadaan jiwa. Dengan kecerdasan emosional tersebut seseorang dapat menempatkan emosinya pada porsi yang tepat, memilah kepuasaan, dan mengatur suasana hati.
Dari berbagai penjelasan diatas, tentu banyak sekali tugas kita sebagai orangtua dalam mendidik anak kita baik mulai dari masa kecil mereka maupun hingga besar nantinya. Semua adalah tanggung jawab yang mulia, sebagaimana anak adalah karunia dan titipan tuhan kepada kita. Maka dari itu kita lah yang harus merawat dan memperhatikan perkembangan mereka, dan akhirnya kita pula yang akan tersenyum bahagia melihat perkembangan mereka. Marilah kita memulai belajar mengenali dan mendidik anak mulai dari sekarang.
Selasa, 18 Januari 2011
selamat datang di blog SDN SINDANGWASA
media informasi dan pembelajaran sangat berkaitan untuk memajukan dunia pendidikan di era globalisasi saat ini
guna menambah wawasan yang semakin banyak, maka kami berharap blog ini dapat dijadikan sumber inspirasi
dan komunikasi untuk meningkatkan dunia pendidikan khususnya di SDN SINDANGWASA
guna menambah wawasan yang semakin banyak, maka kami berharap blog ini dapat dijadikan sumber inspirasi
dan komunikasi untuk meningkatkan dunia pendidikan khususnya di SDN SINDANGWASA
Langganan:
Postingan (Atom)